Rabu, 22 Februari 2017

Mengenali ciri-ciri informasi hoax


Dengan memperhatikan hal-hal berikut, pengguna diharapkan tidak menyebarkan informasi hoax kepada orang lain.

Periksa Sumber Berita
Pengguna bisa memeriksa siapa sumber informasi dan melakukan konfirmasi secara langsung. Dengan memanfaatkan mesin pencari, pembaca juga bisa membandingkan kebenaran suatu berita dilihat dari sumber-sumber terpercaya lainnya.

Kenali Situs Palsu

Cari tahu situs tempat informasi itu di-posting, pelajari, dan pastikan apakah situs tersebut isinya merupakan berita berdasarkan fakta atau informasi yang tidak benar.

Hindari Website Mencurigakan

Website yang belum diketahui asal-usulnya sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu saat ia memberitakan sebuah informasi. Jangan membagikan berita dari situs yang tidak dikenali agar kabar hoax itu tidak menjadi viral.

Manfaatkan Aplikasi

Aplikasi yang tersedia seperti Turn Back Hoax bisa dimanfaatkan untuk mengecek kebenaran sebuah berita apakah fakta atau hoax. Dalam versi website, layanan ini juga bisa diakses melalui PC atau platform mobile penguna.

Periksa Berita dalam Bahasa Inggris

Beberapa artikel hoax bisa bermula dari luar negeri. Maka pengguna bisa memeriksa apakah artikel yang dicurigai hoax itu muncul di situs-situs asing. Berita hoax telah dibuktikan kebohongannya oleh situs luar negeri, namun bisa saja penyebar hoax lokal mengangkatnya kembali.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +